KARATE

SMADA Karate merupakan salah satu ekstrakurikuler bela diri SMAN 2 Depok. Karate dibentuk untuk siswa dan siswi SMAN 2 Depok dalam menjaga kesehatan baik fisik maupun mental dan mempertahankan diri sendiri dari situasi membahayakan. Perguruan yang menaungi karate SMAN 2 Depok adalah Inkanas (Institut Karate-Do Nasional) yang berdiri pada tahun 2005.

Bedanya karate dengan bela diri lain yaitu Karate menuntut praktisi nya untuk bisa mengalahkan lawan dengan gerakan sesedikit mungkin, sederhana mungkin, sehingga gerakan cenderung sederhana, dan tidak akrobatik seperti bela diri lainnya. Di dalam karate ada dua kategori yang harus dikuasai yaitu kumite dan kata.

  1. Kumite

Kumite adalah bagian dari karate di mana seseorang berlatih melawan musuh, itu juga digunakan untuk pertarungan jalanan. Secara harfiah, kumite memiliki arti sebagai pertemuan tangan.

  • Kata

Kata yang merupakan bentuk resmi atau pengembang memiliki arti sebagai filosofi. Kata berperan penting dalam latihan olahraga beladiri karate.

Berikut ini beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa dan siswi ekstrakulikuler karate SMAN 2 Depok:

  1. Tahun 2019 ekstrakulikuler karate SMAN 2 Depok meraih dua medali perak di Menpora Cup
  2. Tahun 2019 ekstrakulikuler karate SMAN 2 Depok meraih satu medali Perunggu di Menpora Cup
  3. Tahun 2019 ekstrakulikuler karate SMAN 2 Depok meraih tiga medali perak di Festival Cup
  4. Tahun 2021 ekstrakulikuler karate SMAN 2 Depok meraih dua medali Perunggu di Bogor Karate Open

Selain prestasi di atas, Karate juga aktif mengikuti acara-acara yang di selenggarakan di sekolah seperti berpartisipasi dalam AKAR SMADA dan demo Eskul serta kegiatan lainnya. Selain itu karate tetap aktif walau pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan. Dojo kami telah masuk ke berita online https://republika.co.id/berita/qz2g8a314/latihan-karate-dengan-protokol-kesehatan.

For more information:

karate_smada (https://www.instagram.com/karate_smada/)

bit.ly/pendaftaranKarate2020

Cp : 081514046832(Icha)

Leave a Reply

Your email address will not be published.