Berita SMADA

SMAN 2 Depok Raih Medali Perunggu dalam Ajang ISPO 2020

SMA Negeri 2 Depok kembali menuai prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi itu datang dari Yang Jihan Shabrina (XI MIPA 4) dan Bhamakerti Mohammad Aydan (XI MIPA 6). Mereka meraih medali perunggu dalam ajang bergengsi Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2020 yang berlangsung di Sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, tanggal 21s.d.23 Februari 2020.

Dalam lomba ini, Jihan dan Bhama berkompetisi di bidang teknologi dengan menciptakan sebuah alat bernama “SWAG (Smart Ways Garbage)” . Alat pengolah sampah pintar ini bisa mengolah sampahnya sendiri. Sampah dipisahkan antara organik dan anorganik. kemudian sampah organik diolah menjadi kompos sementara sampah anorganik (seperti botol) akan di press sehingga volumenya berkurang.

“Iya jadi perangkat kita juga sudah berbasis IoT, sehingga dapat dilihat oleh pengguna melalui notifikasi apabila ada pemberitahuan sampah sudah penuh atau kompos sudah harus dipindahkan,” tutur Jihan.

Untuk ISPO 2020 ini, Jihan dan Bhama sudah memulai persiapannya sejak bulan November sampai Januari. Untuk ke depannya mereka berencana untuk terus mengembangkan alat SWAG ini dengan mencari metode pemilahan sampah yang lebih efektif.

Keduanya sangat tidak menyangka ketika mereka ditahbiskan sebagai peraih medali perunggu dalam ajang ISPO 2020 ini, karena menurut mereka, saingan dalam bidang teknologi sangatlah sulit dan banyak. Tapi Jihan dan Bhama sangat bersyukur karena perjuangan mereka akhirnya berbuah manis dengan kemenangan.

“Maunya kita ikut ISPO lagi dan targetnya adalah mendapatkan yang lebih daripada tahun ini,” ucap Jihan.

Penulis: Aridho Dzilfy Taukhid XI IPS 4 (Ekskul Dejundo)

Jihan dan Bhama dalam ISPO 2020

Obrolan