Campus Fair 2020: Ajang Pilih-Pilih Perguruan Tinggi

Berita SMADA

SMA Negeri 2 Depok, pada hari senin (13/1) kembali gelar Campus Fair 2020 dengan mengusung tema “Labirin Menuju Mimpi”. Campus Fair 2020 menjadi tahun ketiga SMA Negeri 2 Depok bekerjasama dengan event organizer dalam menyelenggarakan acara. Tujuan acara ini adalah untuk memberikan wawasan dan motivasi bagi siswa kelas 12 untuk meneruskan langkah menuju perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 15 perguruan tinggi negeri, dan 19 perguruan tinggi swasta pun turut dihadirkan dalam acara ini.

Acara Campus Fair ini dimulai dengan presentasi perguruan tinggi ke setiap kelas 12 untuk memaparkan materi dan sharing-sharing seputar dunia perkuliahan. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan kesempatan bagi kelas 10, 11, dan 12 untuk mengunjungi stand-stand perguruan tinggi yang sudah ada.

“Untuk tahun ini, presentasi ke setiap kelas kita perbanyak dari tahun lalu, dimana tahun ini setiap perguruan tinggi bisa presentasi di lima sampai enam kelas,” tutur Anantya selaku ketua acara Campus Fair 2020.

Walaupun untuk Campus Fair 2020 ini SMA Negeri 2 Depok tidak dapat menghadirkan sekolah kedinasan. Namun, pencapaian Campus Fair tahun ini tetap baik dan disambut antusias oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Depok, bukan hanya kelas 12 tapi juga kelas 10 dan 11.

“Menarik, banyak kampus yang memberikan motivasi dan juga informasi seputar kehidupan di kampus tersebut, dan juga rame banget sampai tadi harus antri,” ucap Ayubi, seorang siswa kelas 10.

Tapi tentu saja yang paling merasa terbantu dengan adanya acara ini ialah siswa-siswi kelas 12 yang sebentar lagi akan segera lulus dan harus menentukan tujuannya. Dea Tara contohnya, siswi kelas 12 IPS ini memiliki pilihan untuk masuk ke fakultas hukum, namun ia masih bingung untuk menentukan perguruan tinggi, dan dengan adanya Campus Fair ini Dea merasa sangat terbantu.

“Baik banget, karena dengan sistem diberi materi, sharing-sharing di setiap kelas secara intens dengan PTN dan PTS membantu banget. Pokoknya terimakasih buat panitia, dan semangat!” kata Dea Tara.

Campus Fair 2020 selain menjadi ajang bagi siswa-siswi SMA Negeri 2 Depok untuk mencari perguruan tinggi, ternyata acara ini juga jadi ajang reuni bagi para alumni. Mereka pun turut memberikan doa, saran, motivasi, dan semangat bagi para kelas 12 agar dapat mendapatkan perguruan tinggi yang mereka inginkan.

“Selalu berusaha, banyak latihan soal, banyak baca, berdoa, minta restu orang tua. Semoga bisa masuk perguruan tinggi negeri terbaik yang kalian inginkan,” doa dari Hanan, alumni SMA Negeri 2 Depok yang berhasil masuk jurusan management dan bisnis, Universitas Indonesia.

Ibu Tanny Sofianti selaku pembina MPK-OSIS SMA Negeri 2 Depok turut mengapresiasi acara Campus Fair 2020. Meskipun banyak yang harus dievaluasi, tapi menurutnya acara Campus Fair 2020 sudah berjalan dengan baik.

“Harapan saya untuk Campus Fair tahun depan adalah bisa menambah lagi perguruan tingginya, dan maunya sih acara ini diadakan ketika pertemuan orang tua atau pembagian rapor sehingga yang bertambah pengetahuannya tentang perguruan tinggi bukan hanya siswa tapi orangtuanya juga,” harapan ibu Tanny untuk kedepannya.

Penulis:
– Aridho Dzilfy Taukhid (XI IPS 4)
Reporter:
– Daffa Muhammad Zidan (XI IPS 3)
– Muh Fauzan Nastiar (XI IPS 3)

Obrolan