Apsari Nusantara

(LOGO APSARI NUSANTARA)

SMADA Apsari Nusantara merupakan ekstrakurikuler kesenian SMAN 2 Depok yang dibuat pada tahun 2011. Apsari Nusantara dibentuk untuk menampung kreativitas seni dan talenta siswa dan siswi SMAN 2 Depok dalam bidang seni Tari Tradisional serta untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada  generasi muda.

Prestasi Apsari Nusantara:

  1. SMADA Apsari Nusantara angkatan 28 mengisi acara Depok Cyber City 2014 yang bertempat di Margo City pada tanggal 14 Mei 2014 dengan menampilkan tarian Lenggang Zapin. 
  2. SMADA Apsari Nusantara saat mengikuti lomba di SMAN 5 Depok pada tahun 2014 dan berkesempatan menampilkan tarian Kembang Tarub dari Betawi. Pada kesempatan ini kami meraih juara 2. 
  3. SMADA Apsari Nusantara saat mengikuti lomba di SMAN 4 Depok tahun 2014 dan menampilkan tarian Nandak Ganjen dari Betawi. Pada kesempatan ini kami berhasil meraih juara 2.
  4. SMADA Apsari Nusantara mengisi acara yang bertempat di Setu Babakan pada tanggal 17 April 2014 dengan menampilkan taian Nandak Ganjen. Acara ini dalam rangka wajib unjung ke perkampungan budaya Betawi dari Kepulauan Seribu.  5. SMADA Apsari Nusantara bersama dengan SMADA Daralaga mengisi acara Indonesian Dance Festival `2013 di Gelora Bung Karno pada tanggal 24 November 2013. 
  5. SMADA Apsari Nusantara mengisi acara pada kegiatan Temu Karya Pekan Olahraga P4TK 2012. Pada kesempatan ini kami menampilkan tarian Lenggang Nyai yang berasal dari Betawi dan Bajidor Kahot yang berasal dari Sunda.
  6. SMADA Apsari Nusantara terpilih untuk mendampingi tim basket SMAN 2 Depok bertanding di DBL. Pada DBL ini, Apsari Nusantara menampilkan tarian Genjring Party yang di mix dengan tarian modern. 
  7. SMADA Apsari Nusantara angkatan 26 mengisi acara yang bertempat di daerah Parung, dengan menampilkan tarian Bajidor Kahot. acara ini digelar dalam rangka peyambutan tamu dari Departemen Pendidikan Malaysia. 
  8. SMADA Apsari Nusantara Tim – A saat mengikuti lomba di SMAN 4 Depok tahun 2013 dan menampilkan tarian Ngarojeng dari Betawi. Pada kesempatan ini kami meraih juara 1.
  9. SMADA Apsari Nusantara Tim-B saat mengikuti lomba di SMAN 4 Depok tahun 2013 dan menampilkan tarian Renggong Manis dari Betawi. Pada kesempatan ini kami meraih juara 2. 
  10. Salah satu anggota SMADA Apsari Nusantara mengikuti lomba FLS2N (Festival dan

Lomba Seni Siswa Nasional) dalam kategori lomba Tari Berpasangan tingkat Kota Depok yang berhasil lolos dan mewakili kota Depok ke tingkat Provinsi dengan meraih juara.

  1. Mengikuti lomba Tari Tradisional seKota Depok yang berlangsung pada tanggal 26 Februari 2012 bernama “KARSA” dibawakan oleh penari angkatan 25 SMADA Apsai Nusantara denan menampilkan tari Bajidor Kahot. Lomba ini dilaksanan di kantor Walikota Depok dan diikuti oleh seluruh sekolah SMA di Depok.
  2. Dua orang penari yang bernama Niken Palmadica dan Nurizhandini Sabilla Dhestu adalah angkatan 25 SMADA Apsari Nusantara yang berhasil menampilkan tarian Indonesia ke Negara Taiwan dalam acara International Conference & Youth Summit iEarn Taiwan. Penari ini menampilkan tari Lenggang Nyai yang menceritakan tentang emansipasi wanita. 
  3. SMADA Apsari Nusantara terpilih untuk mendampigi tim basket SMAN 2 Depok bertanding di acara DBL (Developmental Basketball League) pada Februari 2016 di Bogor. Pada DBL ini kami berkesempatan menampilkan tarian Genjring Party yang di mix dengan tarian modern. 
  4. SMADA Apsari Nusantara Tim-B saat mengikuti lomba di SMAN 1 Depok pada Februari 2016 dan menampilkan tarian Gondang Didang Ni Siboru Saragi dari Sumatera Utara. Pada kesempatan ini kami masuk peringkat 5 besar.
  5. SMADA Apsari Nusantara terpilih untuk mengisi acara Opening Electro Activities Programmer di Perguruan Tinggi Negeri Jakarta dengan membawakan tarian Kinang Kilaras yang berasal dari Betawi. 
  6. SMADA Apsari Nusantara mengikuti lomba di SMAIT Lazuardi pada tanggal 4 Februari 2017 dan meampilkan tarian Zapin Bireun Seudati dari Melayu. Pada kesempatan ini kami meraih juara 1. 
  7. SMADA Apsari Nusantara mengisi sebuah acara perayaan PODSI Kota Depok pada tanggal 20 November 2016 dengan membawakan tarian Lenggang Nyai dari Betawi dan Bajidor Kahot dari Sunda.
  8. SMADA Apsari Nusantara mengisi acara pada kegiatan Gema Hardiknas 2017 di Kemendikbud pada tanggal 2 Mei 2017. Pada kesempatan ini kami menampilkan tarian Bajidor Kahot yang berasal dari Sunda. 
  9. SMADA Apsari Nusantara saat mengikuti lomba di SMAN 6 Depok tahun 2017 dalam rangka HEXA CUP dan menampilkan tarian Makalangan dari Jawa Barat. pada kesempatan ini kami meraih Juara 2. 
  10. SMADA Apsari Nusantara terpilih untuk mendampingi tim basket SMAN 2 Depok bertanding di acara honda DBL (Developmental Basketball League) pada tahun 2017

di Bogor. Pada DBL ini SMADA Apsari Nusantara menampilkan tarian Kontemporer.

  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 31 mengisi acara Akar SMADA pada Agustus 2017 dalam rangka merayakan ulang tahun SMAN 2 Depok. Pada akar kali ini kami membawakan Tari Nandak Ganjen dari Betawi. 
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 32 mengisi acara Akar SMADA pada Agustus 2017 dalam rangka merayakan ulang tahun SMAN 2 Depok. Pada akar kali ini kemi membawakan Tari Kipas Makassar, Sulawesi Selatan. 
  • SMADA Apsari Nusantara berkesempatan untuk mengisi acara ISSEC (Industrial and Systems Engineering Competition) 2018 yang diadakan oleh Teknik Industri UI bertempat di Margo Hotel. Pada ksempatan ini kami membawakan tari Kembang Tanjung.
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 32 berkesempatan menampilkan Tari Nandak Ganjen pada acara FEB UI pada tanggal 8 November 2018. 
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 32 menampilkan Tari Asmarandana pada acara Honda DBL 2018 di Bogor, Jawa Barat pada tanggal 19 September 2018. 
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 32 berkesempatan menampilkan Tari Kembang Tanjung pada Lomba di SMAN 99 Jakarta pada tanggal 6 Oktober 2018.
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 33 berkesempatan mengikuti lomba di MAN 4 Jakarta dan membawakan Tari Gondang pada tanggal 15 September 2018. 
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 33 berkesempatan mengikuti lomba di SMAN 38 Jakarta dan membawakan Tari Genjring party pada tanggal 27 Oktober 2018. 
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 33 berkesempatan mengikuti lomba di SMA Mardiyuana dengan membawakan tari Ronggeng Blantek pada tanggal 15 September 2018.
  • SMADA Apsari Nusantara Angkatan 33 berkesempatan mengikuti lomba di Festasi Nusantara 2 dengan membawakan tari Goyang Ngamprok dan memperoleh Juara 3 pada tanggal 13 April 2019.
  • SMADA Apsari Nusantara angkatan 34 dan 35 berkesempatan mengikuti lomba “SKY FEST” secara online yang diadakan oleh SMA Labschool Kebayoran dengan membawakan tari Makalangan pada tanggal 19 Februari 2021.

Apsari Nusantara juga turut meramaikan acara-acara yang diadakan SMAN 2 Depok termasuk AKAR SMADA. Apsari Nusantara mengadakan ajang kompetisi tahunan yaitu SMARTACTION yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian AKAR SMADA.

For more information:

@apsarinusantara on instagram

https://www.instagram.com/apsarinusantara/

Leave a Reply

Your email address will not be published.